Pages

Labels

Selasa, 11 September 2012

PROFIL SEKOLAH SMP MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN


PROFIL SEKOLAH
SMP MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN

1.      SELAYANG PANDANG
SMP Muhammadiyah Pekajangan merupakan sekolah swasta yang sudah cukup tua berdiri sejak tahun 1946 dijenjang satuan Pendidikan Dasar di Kabupaten Pekalongan sebagai sebuah SMP yang sudah berumur lebih dari setengah abad, sudah barang tentu mengalami perkembangan pasang surut baik prestasi, jumlah siswa sarana prasarana maupun tenaga pendidikan (SDM)nya.
Sebagai lembaga amal usaha pendidikan Muhammadiyah SMP Muhammadiyah merupakan lembaga yang terkait langsung dengan penyiapan sumber daya manusia islami yang mampu menyelaraskan diri, mengatisipasi dan mengelola dinamika perubahan masyarakat yang sejalan dengan tujuan dan kepentingan dakwah Amar Ma’ruf Nahi Mungkar sekaligus dalam pengelolaannya mampu mengembangkan wawasan keunggulan dengan memacu kreativitas disegala bidang sehingga dapat meningkatkan daya saing yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa serta umat.
Oleh karena itu, sejalan dengan berlakunya undang-undang No.2 tahun 1989 dan Peraturan Pemerintah No.28 tahun 1990 serta tujuan pendidikan, maka tujuan pendidikan Muhammadiyah yaitu terwujudnya manusia muslim yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, cakap, percaya pada diri sendiri, berdisiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air, memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan, beramal menuju terwujudnya masyarakat utama adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT. Serta tuntunan masyarakat yang senantiasa berkembang sesuai dengan tuntunan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar SMP Muhammadiyah Pekajangan mampu mengantarkan peserta didik melanjutkan SMA maupun mampu berperan dalam kehidupan masyarakat maka SMP Muhammadiyah dalam upaya mewujudkan harapan dan tujuan diatas menetapkan Visi sekolah.
2.      VISI SEKOLAH
Kepribadian Muslim berkualitas Unggul, melalui visi ini diharapkan semua warga sekolah dapat mempunyai, gambaran yang jelas secara nyata dan utuh akan kebesaran SMP Muhammadiyah Pekajangan pada masa yang akan dating sehingga diharapkan dapat menjalin kerjasama sesuai tugas, fungsi serta tanggung jawabnya untuk mewujudkan visi sekolah melalui misi yang jelas.


 

3.      INDIKATOR
Kepribadian muslim yang berkualitas unggul berindikator :
1.      Unggul dalam kualitas Ke-Islaman/Ibadah.
2.      Unggul dalam kualitas Akhlaq dan Budi Pekerti.
3.      Unggul dalam kualitas Akademis/Hasil NEM.
4.      Unggul dalam kualitas Olah Raga dan Kesenian.
5.      Unggul dalam kualitas Ke-Indoneianya/Paskibra.
6.      Unggul dalam kualitas Bahasa Asing (Arab dan Inggris)
7.      Unggul dalam ketrampilan Komputer dan Ekstra Kurikulum.
8.      Unggul dalam Disiplin dan Etos Kerja.
9.      Unggul dalam kualitas pengabdian masyarakat.
10.  Unggul dalam persaingan mendapatkan SMA yang favorit.

4.      MISI SEKOLAH
1.      Menumbuhkan budaya kerja produktif dengan semangat keunggulan secara intensif kepada semua warga sekolah.
2.      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efesien sehingga setiap siswa dapat mengembangkan dirinya secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
3.      Menumbuhkan semangat beribadah dan motivasi yang mantap serta kreativitas yang tinggi kepada semua warga sekolah dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.
4.      Menumbuhkan penghayatan dan pengembangan ajaran agama Islam secara sempurna serta etika moral sehingga menjadi sumber kearifan dan kesantunan baik dalam bertutur kata maupun dalam bertindak.
5.      Menerapkan manajemen pendelegasian wewenang dan partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah.
6.      Memberikan pelayanan yang prima dan memuaskan kepada pengguna jasa pendidikan baik pelayanan kepada siswa maupun pelayanan terhadap orang tua dan masyarakat.
Menciptakan lingkungan sekolah yang suasananya tenang, aman, tertib, indah bebas dari gangguan pencemaran dan pertanaman dan penghijauan yang lebih menarik.

0 komentar:

Posting Komentar