SURAT KEPUTUSAN
MAJELIS DIKDASMEN
PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN
Nomor
: 001/KEP/IV.0/E/2011
Tentang
:
PERSONALIA
MAJELIS DIKDASMEN
PIMPINAN
CABANG MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN
Periode
2010-2015
1. Dasar : Surat Keputusan (SK) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Nomor
073/KEP/IV.0/D/2011 - Tanggal 29 Rabiul Akhir 1432 H/03 April 2011 M
Ketua : H. SOFWAN SUMADI
· Sekretaris : ARDIANSYAH, SE
2. Hasil Rapat Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah
Pekajangan pada hari Selasa, 08 Jumadil Awal 1432 H/12 April 2011 M tentang
kelengkapan Pimpinan :
Seksi-seksi :
Seksi Kurikulum :
1.
Abu Dzar, S.Pd
2.
Herowati
3.
Basri, S.Pd
4.
Drs. Maryanto
5.
M. Abduh, S.Pd
Seksi Pengembangan Mutu
1.
Harap Cendikiawan, S.Psi
2.
M. Nusron, SE
3.
Viktor Parasetyo
Seksi Sapras
1.
Rusnanto
2.
Mursabdo, SE
Seksi Pengawasan Sekolah
1.
Rohman, S.Pd
2.
H. Rafi’I Muharar
3.
H. Nur Hidayat Suin
Seksi PONPES
1.
M. Irzal Fadholi
Keputusan ini berlaku sejak tanggal
ditetapkan dan apabila ternyata dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam
penetapan ini, akan diadakan perubahan sebagaimana mestinya.
Ditetapkan di :
Pekajangan
Pada tanggal : 08 Jumadil Awal 1432 H /
12 April 2011 M
Ketua, Sekretaris,
H. SOFWAN SUMADI ARDIANSYAH,
SE
NBM. 717358 NBM.
847894
Tembusan disampaikan kepada yth :
1. Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pekajangan, sebagai laporan
2. Arsip
Laporan
Tahunan Majlis Dikdasmen
PCM Pekajangan
Tahun 2011
Majelis
Dikdasmen PCM Pekajangan Periode 2010 – 2015, Pentingnya strategi baru dalam
upaya membangun pendidikan Muhammadiyah. “ ada 6 (enam) rencana strategis
dalam mengembangkan pendidikan di Muhammadiyah yang harus menjadi perhatian
Majelis periode ini.
Pertama, Pengembangan
Kurikulum yang berwujud: strategi pengembangan kurikulum; kurikulum yang
integratif; kurikulum yang bersifat kompetensi; kurikulum yang humanistik;
dan kurikulum yang mengandung nilai sosial dan antisipatif.
Kedua, Pengembangan
Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdiri dari : peningkatan kualitas keimanan
dan ketakwaan bagi pendidik dan tenaga kependidikan; peningkatan loyalitas
pada persyarikatan Muhammadiyah; peningkatan kualitas akademik bagi pendidik
dan tenaga kependidikan, peningkatan kompetensi dan profesionalisme
pendidik dan tenaga kependidikan; serta peningkatan kemampuan manajerial
kepemimpinan lembaga pendidikan.
Ketiga, Reformasi
Manajemen Pendidikan, meliputi: membangun hubungan antara lembaga
pendidikan Muhammadiyah dengan masyarakat, pemerintah dan persyarikatan;
sistem pengawasan pendidikan Muhammadiyah; sistem keuangan berbasis kinerja;
penerapan prinsip-prinsip good governance.
Keempat, Pemberdayaan
Kelembagaan. Ini berkaitan dengan fungsi-fungsi pendidikan, da’wah,
pengkaderan, dan fungsi pelayanan.
Kelima, Penanaman
Kultur yang positif di lingkungan sekolah, di antaranya, disiplin ibadah,
waktu, belajar, dan bekerja; kesantunan; keteladanan; kejujuran;
kesederhanaan; kebersihan; suka beramal saleh; layanan; hemat; percaya diri;
sabar dan bersyukur; bijak dan bertanggungjawab; dinamis; dan berpikiran
maju.
Keenam, Pengembangan
Sarana dan Prasarana yaitu melakukan pendataan aset pendidikan Muhammadiyah;
standarisasi sarana dan prasarana pendidikan Muhammadiyah; pengembangan ICT,
penerbitan dan perpustakaan.
|
Visi
Menyelenggarakan Pendidikan
Muhammadiyah yang berbasis persyarikatan, berkemajuan, berkahlak mulia dan
unggul dalam IPTEKS untuk mewujudkan masyarakat islam yang sebenar-benarnya.
Misi
1.
Menyelenggarakan
dan mengembangkan pendidikan untuk pembinaan kepribadian muslim dan kader
Muhammadiyah;
2.
Menyelenggarakan
dan mengembangkan pendidikan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan,
teknologi dan kebudayaan Islam;
3.
Menciptakan
dan mengembangkan lingkungan pendidikan yang Islami, edukatif, harmonis,
bersih, aman, tertib, inovatif dan kompetitif.
Program Pengembangan
1) Mengembangkan system
pendidikan Muhamamdiyah yang holistic atau menyeluruh sebagai kelanjutan dari
konsep blueprint pendidikan Muhammadiyah menuju pada pencapaian pendidikan yang
unggul / utama di masa depan.
2) Menyusun Roadmap
keunggulan pendidikan Muhammadiyah baik tingkat dasar dan menengah dalam rangka
memobilisasi kekuatan Muhammadiyah dalam bidang Iptek melalui pusat-pusat
keunggulan yang berbasis lembaga pendidikan Muhammadiyah.
3) Mengembangkan masyarakat
pembelajaran, yakni suatu masyarakat dimana warganya memiliki kultur belajar,
keyakinan, nilai-nilai, prinsip-prinsip, kebiasaan-kebiasaan, semboyan-semboyan
yang dipegang bersama warga sekolah yang mendorong warganya untuk senantiasa
bekerja keras dan menuntut ilmu. Kultur ini tercermin pada perilaku belajar dan
ketersediaan fasilitas untuk belajar yang terbuka dan dapat diakses warga
masyarakat.
4)
Meningkatkan
peran dan fungsi lembaga pendidikan Muhammadiyah sebagai pusat pembelajaran
yang mencerahkan, mencerdaskan dan memberdayakan peserta didik sehingga menusia
yang bertaqwa, berilmu pengetahuan, terampil, berkepribadian kuat,
mandiri, berorientasi masa depan dan bertanggungjawab.
5) Mengembangkan model – model
pendidikan Al Islam dan kemuhammadiyahan di seluruh jenjang pendidikan dengan
kurikulum dan materi yang sama sehingga bisa memberikan pencerahan paham Islam
dan komitmen gerakan Muhammadiyah yang berkemajuan.
6) Menumbuhkan nafas ke-Islaman
dan kekeluargaan pada lembaga pendidikan, yaitu menanamkan nilai – nilai Islam
pada proses belajar mengajar mengembangkan semangat kebersamaan, kekeluargaan
dan saling memperhatikan.
7)
Pembinaan
dinamika pendidikan, antara lain dengan meningkatkan kemampuan pimpinan lembaga
pendidikan di bidang manajemen dan komunikasi social lewat berbagai latihan.
8) Mengembangkan fungsi lembaga
pendidikan dalam pembinaan kader Muhammadiyah melalui berbagai kegiatan IPM,
Tapak Suci dan Hizbul Wathan.
9) Memperkuat dan memperteguh
identitas pendidikan Muhammadiyah dengan membangun filosofi pendidikan yang
khas berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah.
10) Mengembangkan jenis, jenjang
dan jalur pendidikan baru sebagai alternative dan solusi atas tuntutan dan
kebutuhan masyarakat melalaui berbagai usaha memprluas dan memperkuat pelayanan
pendidikan sebagai agen perubahan social berdasarkan spirit tajdid dan amal
sholeh.
11)
Mengembangkan
system kurikulum ( PAI, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
yang mengintegrasikan iman, ilmu pengetahuan dan akhlaq sebagai usaha membangun
dan mengembangkan pendidikan holistic dan pendidikan nilai untuk terwujudnya
manusia seutuhnya.
12) Meningkatkan mutu pendidikan
Muhammadiyah sehingga memenuhi delapan standart pendidikan nasional dan
mengembangkan lembaga – lembaga pendidikan yang berstatus mandiri menjadi
lembaga – lembaga berstandar internasional dengan keunggulan khusus dalam
bidang agama, akhlaq mulia, kemimpinan dan kecakapan hidup.
13) Meningkatkan kemampuan
professional pendidik ( Pemahaman terhadap Ke- Islaman dan Kemuhammadiyahan )
melalui jenjang pendidikan (studi lanjut ), pelatihan – pelatihan formal,
penyelenggaraan forum – forum akademik dan pengembangan lembaga keahlian diantara
sesame pendidik seperti Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP), Musyawarah Kerja
Kepala Sekolah ( MKKS) dan sebagainya.
14) Meningkatkan kesejahteraan
pendidik dan tenaga kependidikan sesuai kemampuan Persyarikatan dan satuan
pendidikan setempat berdasarkan system kinerja dan meritrokasi ( system politik
yang member penghargaan lebih kepada mereka yang berprestasi dan berkemampuan),
dengan mempertimbangkan tingkat kebutuhan hidup masyarakat setempat, loyalitas,
masa pengabdian, kreatifitas dan profesionalisme kerja dan kemampuan membaca Al
Qur’an.
15) Mengembangkan dan memperkuat
kemandirian pendidikan Muhammadiyah melalui pengembangan dan optimalisasi
tradisi filantropi pendidikan, partisisapi masyarakat, unit – unit usaha
ekonomi dan kerjasama dengan berbagai pihak yang tidak mengikat baik secara
ideologis maupun politik.
16) Meningkatkan, memperluas dan
memperkuat kerjasama dan kemitraan dalam berbagai bidang antara lembaga –
lembaga pendidikan Muhammadiyah, Persyarikatan, Majelis, Pemerintah, Masyarakat
dan lembaga – lembaga sosial lainya.
17) Memperkuat ukhuwah dan
silaturrahmi antar lembaga pendidikan melalui kegiatan musabaqoh, olimpiade,
turnamen olahraga, festival kesenian dan kegiatan lain yang menumbuhkan
semangat, kebanggaan dan persatuan diantara warga Muhammadiyah.
18)
Menyusun peta
pendidikan, pusat data dan informasi pendidikan Muhammadiyah sebagai bahan
pengkajian ilmiah dan dasar pengambilan kebijakan dan pengembangan pendidikan
Muhammadiyah.
19) Memberikan penghargaan
kepada mereka yang berprestasi untuk menumbuhkan semangat ber – Muhammadiyah
dan mendorong kepeloporan dan keteladanan di tengah warga Muhammadiyah.
20) Mengintegrasikan aktifitas
lembaga pendidikan Muhammadiyah dengan program pengembangan masyarakat dan
kegiatan Persyarikatan di lingkungan setempat.
21) Mengintensifkan pembinaan
akhlaq Islami, Ideologi Muhammadiyah, dan penekanan pada pendidikan karakter di
seluruh jenjang pendidikan Muhammadiyah.
22) Mengembangkan kualitas
kepemimpinan, tata kelola pendidikan Muhammadiyah; termasuk tata kelola
keuangan, peraturan – peraturan yang terpadu dan terstandar, pemanfaatan IT
(Information Tecknology), Manajemen Panjamin Mutu, dan berbagai aspek/perangkat
lain yang mendukung.
23) Meningkatkan kualitas
jaringan dan kerjasama antar lembaga pendidikan Muhammadiyah disemua jenjang
pendidikan sehingga lembaga dapat saling memberdayakan dan menjadi pusat
keunggulan bersama dalam satu kesatuan lembaga pendidikan Muhammadiyah.
24) Mengorganisasi kerjasama,
jaringan dan fungsi lembaga – lembaga atau pusat – pusat penelitian dan
pengembangan di lembaga – lembaga pendidikan Muhammadiyah.
25)
Pengembangan
pusat – pusat kaderisasi khusus yang dipadukan secara sistematis dalam lembaga
pendidikan Muhammadiyah tertentu seperti untuk kepentingan kader
tarjih/tajdid/Pemikiran Islam, Kader Mubaligh dan kader Persyarikatan
lainnya.
26)
Adanya test
keagamaan dan mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan Ranting dan Cabang
Muhammadiyah dalam rekruitmen SDM guru dan karyawan Muhammadiyah.
Agenda Kerja Majelis Dikdasmen
PCM Pekajangan
Periode Tahun 2010 – 2015
1.
Pengembangan Konsep SD Muhammadiyan
Program Plus
2.
Penyusunan Buku Panduan Program Plus
3.
Pengembangan Kurikulum Program Plus
4.
Pembuatan dan Penerbitan buku Program Plus
5.
Peningkatan Efektivitas Hubungan Majelis Dikdasmen
6.
Rapat Rutin
7.
Rapat Kerja
8.
Pengajian Keluarga
9.
Mengefektifkan Pendampingan Sekolah
10.
Sosialisasi Program Kerja, Pendampinagn
dan Monev Ke sekolah
11.
Peningkatan Efektifitas Sistem Manajemen
berbasis IT
12.
Pembuatan Data Base Guru Karyawan
13.
Pembuatan Website dan Profil Majelis
Dikdasmen
14.
Penyelenggaraan Rekruitmen Guru dan
Karyawan
15.
Rekruitmen Guru dan Karyawan
16.
Pengangkatan Guru/Karyawan
17.
Pembinaan Guru Karyawan Sekolah
18.
Pembinaan Kompetensi Al Islam,
KeMuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA)
19.
Membantu Proses Sertifikasi guru
20.
Pelatihan Guru berbasis Teknologi
Informasi
21.
Manajemen Keuangan
22.
Penggalian dana untuk Majelis
23.
Mengembangkan BUMM Surya Jaya (SJ)
24.
Penyusunan dan Penetapan RAPBS
25.
Realisasi Subsidi Silang Antar Sekolah
26.
Penjaminan Kesejahteraan Guru/ Karyawan Tetap
Sekolah Purna Tugas
27.
Menjalin Kerjasama dengan Amal Usaha
Muhammadiyah dengan Lembaga Lain
28.
Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana
Sekolah Muhammadiyah
29.
Pengadaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan
kerjasama dengan Majlis, Ranting dan AUM
Hasil Rapat
Evaluasi Program dan Kinerja Majlis Dikdasmen PCM Pekajangan
Resafel
Pimpinan Majlis Dikdasmen PCM Pekajangan
Tanggal 6 Agustus 2011
Seksi-seksi :
Seksi Pengembangan Mutu
1.
Hadi Purwanto, S.Pd
2.
Harap Cendikiawan, S.Psi
3.
M. Nusron, SE
4.
Viktor Parasetyo
Seksi Sapras
1.
Rusnanto
2.
Mursabdo, SE
Seksi Pengawasan Sekolah
1.
Abu Dzar, S.Pd
2.
Herowati
3.
Basri, S.Pd
4.
Drs. Maryanto
5.
M. Abduh, S.Pd
6.
Rohman, S.Pd
7.
H. Rafi’I Muharar
Seksi PONPES
1.
M. Irzal Fadholi
2.
H. Yulianto Fauzan, SE
Ketua, Sekretaris,
Ttd Ttd
H. SOFWAN SUMADI ARDIANSYAH,
SE
NBM. 717358 NBM.
847894
0 komentar:
Posting Komentar