Pages

Labels

Sabtu, 26 Agustus 2017

Profil Dikdasmen


SURAT KEPUTUSAN
MAJELIS DIKDASMEN
PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN

Nomor : 001/KEP/IV.0/E/2011
Tentang :
PERSONALIA MAJELIS DIKDASMEN
PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN
Periode 2010-2015

1.   Dasar : Surat Keputusan (SK) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Nomor 073/KEP/IV.0/D/2011 - Tanggal 29 Rabiul Akhir 1432 H/03 April 2011 M
Ketua             :  H. SOFWAN SUMADI
·           Sekretaris     : ARDIANSYAH, SE
2.   Hasil Rapat Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pekajangan pada hari Selasa, 08 Jumadil Awal 1432 H/12 April 2011 M tentang kelengkapan Pimpinan :











Seksi-seksi :
Seksi Kurikulum :
1.      Abu Dzar, S.Pd
2.      Herowati
3.      Basri, S.Pd
4.      Drs. Maryanto
5.      M. Abduh, S.Pd

Seksi Pengembangan Mutu
1.      Harap Cendikiawan, S.Psi
2.      M. Nusron, SE
3.      Viktor Parasetyo

Seksi Sapras
1.      Rusnanto
2.      Mursabdo, SE

Seksi Pengawasan Sekolah
1.      Rohman, S.Pd
2.      H. Rafi’I Muharar
3.      H. Nur Hidayat Suin


Seksi PONPES
1.      M. Irzal Fadholi

Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila ternyata dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam penetapan ini, akan diadakan perubahan sebagaimana mestinya.


Ditetapkan di  :  Pekajangan
Pada tanggal   :  08 Jumadil Awal 1432 H / 12 April 2011 M

                                 Ketua,                                                       Sekretaris,


                  H. SOFWAN SUMADI                               ARDIANSYAH, SE
                          NBM. 717358                                             NBM. 847894


Tembusan disampaikan kepada yth :
1.      Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pekajangan, sebagai laporan
2.      Arsip





Laporan Tahunan Majlis Dikdasmen
PCM Pekajangan Tahun 2011

Majelis Dikdasmen PCM Pekajangan Periode 2010 – 2015, Pentingnya strategi baru dalam upaya membangun pendidikan Muhammadiyah. “ ada 6 (enam) rencana strategis dalam mengembangkan pendidikan di Muhammadiyah yang harus menjadi perhatian Majelis periode ini.

Pertama, Pengembangan Kurikulum yang berwujud: strategi pengembangan kurikulum; kurikulum yang integratif; kurikulum yang bersifat kompetensi; kurikulum yang humanistik; dan kurikulum yang mengandung nilai sosial dan antisipatif.

Kedua, Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdiri dari : peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan bagi pendidik dan tenaga kependidikan; peningkatan loyalitas pada persyarikatan Muhammadiyah; peningkatan kualitas akademik bagi pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan kompetensi dan profesionalisme  pendidik dan tenaga kependidikan; serta peningkatan kemampuan manajerial kepemimpinan lembaga pendidikan.

Ketiga, Reformasi Manajemen Pendidikan, meliputi:  membangun hubungan antara lembaga pendidikan Muhammadiyah dengan masyarakat, pemerintah dan persyarikatan; sistem pengawasan pendidikan Muhammadiyah; sistem keuangan berbasis kinerja; penerapan prinsip-prinsip good governance.

Keempat, Pemberdayaan  Kelembagaan. Ini berkaitan dengan fungsi-fungsi pendidikan, da’wah, pengkaderan, dan fungsi pelayanan.

Kelima, Penanaman Kultur yang positif di lingkungan sekolah, di antaranya, disiplin ibadah, waktu, belajar, dan bekerja; kesantunan; keteladanan; kejujuran; kesederhanaan; kebersihan; suka beramal saleh; layanan; hemat; percaya diri; sabar dan bersyukur; bijak dan bertanggungjawab; dinamis; dan berpikiran maju.
Keenam, Pengembangan Sarana dan Prasarana yaitu melakukan pendataan aset pendidikan Muhammadiyah; standarisasi sarana dan prasarana pendidikan Muhammadiyah; pengembangan ICT, penerbitan dan perpustakaan.





Visi
Menyelenggarakan Pendidikan Muhammadiyah yang berbasis persyarikatan, berkemajuan, berkahlak mulia dan unggul dalam IPTEKS untuk mewujudkan masyarakat islam yang sebenar-benarnya.
 Misi
1.      Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan untuk pembinaan kepribadian muslim dan kader Muhammadiyah;
2.      Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan Islam;
3.      Menciptakan dan mengembangkan lingkungan pendidikan yang Islami, edukatif, harmonis, bersih, aman, tertib, inovatif dan kompetitif.
Program Pengembangan
1)   Mengembangkan system pendidikan Muhamamdiyah yang holistic atau menyeluruh sebagai kelanjutan dari konsep blueprint pendidikan Muhammadiyah menuju pada pencapaian pendidikan yang unggul / utama di masa depan.
2)   Menyusun  Roadmap keunggulan pendidikan Muhammadiyah baik tingkat dasar dan menengah dalam rangka memobilisasi kekuatan Muhammadiyah dalam bidang Iptek melalui pusat-pusat keunggulan yang berbasis lembaga pendidikan Muhammadiyah.
3)   Mengembangkan masyarakat pembelajaran, yakni suatu masyarakat dimana warganya memiliki kultur belajar, keyakinan, nilai-nilai, prinsip-prinsip, kebiasaan-kebiasaan, semboyan-semboyan yang dipegang bersama warga sekolah yang mendorong warganya untuk senantiasa bekerja keras dan menuntut ilmu. Kultur ini tercermin pada perilaku belajar dan ketersediaan fasilitas untuk belajar yang terbuka dan dapat diakses warga masyarakat.
4)   Meningkatkan peran dan fungsi lembaga pendidikan Muhammadiyah sebagai pusat pembelajaran yang mencerahkan, mencerdaskan dan memberdayakan peserta didik sehingga menusia yang bertaqwa, berilmu pengetahuan,  terampil, berkepribadian kuat, mandiri, berorientasi masa depan dan bertanggungjawab.
5)   Mengembangkan model – model pendidikan Al Islam dan kemuhammadiyahan di seluruh jenjang pendidikan dengan kurikulum dan materi yang sama sehingga bisa memberikan pencerahan paham Islam dan komitmen gerakan Muhammadiyah yang berkemajuan.
6)   Menumbuhkan nafas ke-Islaman dan kekeluargaan pada lembaga pendidikan, yaitu menanamkan nilai – nilai Islam pada proses belajar mengajar mengembangkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan saling memperhatikan.
7)   Pembinaan dinamika pendidikan, antara lain dengan meningkatkan kemampuan pimpinan lembaga pendidikan di bidang manajemen dan komunikasi social lewat berbagai latihan.
8)  Mengembangkan fungsi lembaga pendidikan dalam pembinaan kader Muhammadiyah melalui berbagai kegiatan IPM, Tapak Suci dan Hizbul Wathan.
9)  Memperkuat dan memperteguh identitas pendidikan Muhammadiyah dengan membangun filosofi pendidikan yang khas berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah.
10) Mengembangkan jenis, jenjang dan jalur pendidikan baru sebagai alternative dan solusi atas tuntutan dan kebutuhan masyarakat melalaui berbagai usaha memprluas dan memperkuat pelayanan pendidikan sebagai agen perubahan social berdasarkan spirit tajdid dan amal sholeh.
11)  Mengembangkan system kurikulum ( PAI, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA ) yang mengintegrasikan iman, ilmu pengetahuan dan akhlaq sebagai usaha membangun dan mengembangkan pendidikan holistic dan pendidikan nilai untuk terwujudnya manusia seutuhnya.
12) Meningkatkan mutu pendidikan Muhammadiyah sehingga memenuhi delapan standart pendidikan nasional dan mengembangkan lembaga – lembaga pendidikan yang berstatus mandiri menjadi lembaga – lembaga berstandar internasional dengan keunggulan khusus dalam bidang agama, akhlaq mulia, kemimpinan dan kecakapan hidup.
13) Meningkatkan kemampuan professional pendidik ( Pemahaman terhadap Ke- Islaman dan Kemuhammadiyahan ) melalui jenjang pendidikan (studi lanjut ), pelatihan – pelatihan formal, penyelenggaraan forum – forum akademik dan pengembangan lembaga keahlian diantara sesame pendidik seperti Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah ( MKKS) dan sebagainya.
14) Meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai kemampuan Persyarikatan dan satuan pendidikan setempat berdasarkan system kinerja dan meritrokasi ( system politik yang member penghargaan lebih kepada mereka yang berprestasi dan berkemampuan), dengan mempertimbangkan tingkat kebutuhan hidup masyarakat setempat, loyalitas, masa pengabdian, kreatifitas dan profesionalisme kerja dan kemampuan membaca Al Qur’an.
15) Mengembangkan dan memperkuat kemandirian pendidikan Muhammadiyah melalui pengembangan dan optimalisasi tradisi filantropi pendidikan, partisisapi masyarakat, unit – unit usaha ekonomi dan kerjasama dengan berbagai pihak yang tidak mengikat baik secara ideologis maupun politik.
16) Meningkatkan, memperluas dan memperkuat kerjasama dan kemitraan dalam berbagai bidang antara lembaga – lembaga pendidikan Muhammadiyah, Persyarikatan, Majelis, Pemerintah, Masyarakat dan lembaga – lembaga sosial  lainya.
17) Memperkuat ukhuwah dan silaturrahmi antar lembaga pendidikan melalui kegiatan musabaqoh, olimpiade, turnamen olahraga, festival kesenian dan kegiatan lain yang menumbuhkan semangat, kebanggaan dan persatuan diantara warga Muhammadiyah.
18) Menyusun peta pendidikan, pusat data dan informasi pendidikan Muhammadiyah sebagai bahan pengkajian ilmiah dan dasar pengambilan kebijakan dan pengembangan pendidikan Muhammadiyah.
19) Memberikan penghargaan kepada mereka yang berprestasi untuk menumbuhkan semangat ber – Muhammadiyah dan mendorong kepeloporan dan keteladanan di tengah warga Muhammadiyah.
20) Mengintegrasikan aktifitas lembaga pendidikan Muhammadiyah dengan program pengembangan masyarakat dan kegiatan Persyarikatan di lingkungan setempat.
21) Mengintensifkan pembinaan akhlaq Islami, Ideologi Muhammadiyah, dan penekanan pada pendidikan karakter di seluruh jenjang pendidikan Muhammadiyah.
22) Mengembangkan kualitas kepemimpinan, tata kelola pendidikan Muhammadiyah; termasuk tata kelola keuangan, peraturan – peraturan yang terpadu dan terstandar, pemanfaatan IT (Information Tecknology), Manajemen Panjamin Mutu, dan berbagai aspek/perangkat lain yang mendukung.
23) Meningkatkan kualitas jaringan dan kerjasama antar lembaga pendidikan Muhammadiyah disemua jenjang pendidikan sehingga lembaga dapat saling memberdayakan dan menjadi pusat keunggulan bersama dalam satu kesatuan lembaga pendidikan Muhammadiyah.
24) Mengorganisasi kerjasama, jaringan dan fungsi lembaga – lembaga atau pusat – pusat penelitian dan pengembangan di lembaga – lembaga pendidikan Muhammadiyah.
25)  Pengembangan pusat – pusat kaderisasi khusus yang dipadukan secara sistematis dalam lembaga pendidikan Muhammadiyah tertentu seperti untuk kepentingan kader tarjih/tajdid/Pemikiran Islam, Kader Mubaligh  dan kader Persyarikatan lainnya.
26)  Adanya test keagamaan dan mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan Ranting dan Cabang Muhammadiyah dalam rekruitmen SDM guru dan karyawan Muhammadiyah.




Agenda Kerja Majelis Dikdasmen PCM Pekajangan
Periode Tahun 2010 – 2015

1.      Pengembangan Konsep SD Muhammadiyan Program Plus
2.      Penyusunan Buku Panduan Program Plus
3.      Pengembangan Kurikulum Program Plus
4.      Pembuatan dan Penerbitan buku Program Plus
5.      Peningkatan Efektivitas Hubungan Majelis Dikdasmen
6.      Rapat Rutin
7.      Rapat Kerja
8.      Pengajian Keluarga
9.      Mengefektifkan Pendampingan Sekolah
10.  Sosialisasi Program Kerja, Pendampinagn dan Monev Ke sekolah
11.  Peningkatan Efektifitas Sistem Manajemen berbasis IT
12.  Pembuatan Data Base Guru Karyawan
13.  Pembuatan Website dan Profil Majelis Dikdasmen
14.  Penyelenggaraan Rekruitmen Guru dan Karyawan
15.  Rekruitmen Guru dan Karyawan
16.  Pengangkatan Guru/Karyawan
17.  Pembinaan Guru Karyawan Sekolah
18.  Pembinaan Kompetensi Al Islam, KeMuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA)
19.  Membantu Proses Sertifikasi guru
20.  Pelatihan Guru berbasis Teknologi Informasi
21.  Manajemen Keuangan
22.  Penggalian dana untuk Majelis
23.  Mengembangkan BUMM Surya Jaya (SJ)
24.  Penyusunan dan Penetapan RAPBS
25.  Realisasi Subsidi Silang Antar Sekolah
26.  Penjaminan Kesejahteraan Guru/ Karyawan Tetap Sekolah Purna Tugas
27.  Menjalin Kerjasama dengan Amal Usaha Muhammadiyah dengan Lembaga Lain
28.  Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana Sekolah Muhammadiyah
29.  Pengadaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan kerjasama dengan Majlis, Ranting dan AUM





Hasil Rapat Evaluasi Program dan Kinerja Majlis Dikdasmen PCM Pekajangan
Resafel Pimpinan Majlis Dikdasmen PCM Pekajangan
Tanggal 6 Agustus 2011



















Seksi-seksi :
Seksi Pengembangan Mutu
1.      Hadi Purwanto, S.Pd
2.      Harap Cendikiawan, S.Psi
3.      M. Nusron, SE
4.      Viktor Parasetyo

Seksi Sapras
1.      Rusnanto
2.      Mursabdo, SE

Seksi Pengawasan Sekolah
1.      Abu Dzar, S.Pd
2.      Herowati
3.      Basri, S.Pd
4.      Drs. Maryanto
5.      M. Abduh, S.Pd
6.      Rohman, S.Pd
7.      H. Rafi’I Muharar

Seksi PONPES
1.   M. Irzal Fadholi
2.      H. Yulianto Fauzan, SE 

                                 Ketua,                                                       Sekretaris,
                                   Ttd                                                               Ttd
                  H. SOFWAN SUMADI                               ARDIANSYAH, SE
                          NBM. 717358                                             NBM. 847894



0 komentar:

Posting Komentar